in Cuap-Cuap

Ketika Sedikit Ketinggalan

Look at that images! Ternyata gue sedikit ketinggalan informasi bahwa Kotlin jadi bahasa utama dalam pengembangan apps di Android. Hmm sepertinya bahasa utama aneh, mungkin maksudnya prioritas tertinggi karena Android Studio dikembangkan oleh indukan yang sama dengan Kotlin. 

Jadi kemarin gue ngobrol sama teman dan dikasih tau kalau kotlin udah official di Android. Dan kotlin juga dipakai di tempat lain, javascript misalnya dan juga server sides apps. Padahal gue lagi sibuk bikin price scrapper ala abal-abal untuk menghemat quota kalau lagi diluar.

Setelah gue ngintip-ngintip kotlin itu apa sich (karena dulu cuman tau nama, gak kenal tapi) ternyata mirip-mirip sama swift. Atau, swift yang mirip kotlin. Ah yang penting mereka tidak beda-beda jauh ternyata.

Then, there is react native. Cuman yang ini, gue perlu rapiin isi desktop sama folder-folder gue dulu karena pasca skripsi, semuanya messed up (kayaknya kalah sama cewe gue punya desktop, atau emang dianya klik kanan lalu view desktop iconnya tidak di centang)

Back to scrapper, sebenarnya ide nya udah lama karena agak capek juga ya kalau lagi di luar rumah, untuk buka website cuma buat liat stock sama harga aja itu load nya lama terutama kalau gak dapet LTE di luar. Selain itu juga buat diimplementasi jadi kalau mau liat stock barang bisa langsung aja gak perlu nanya2 gue lagi. Dengan modal curl sama Simple HTML DOM Parser aja cukup. Ada web yang mencegah scrapping, terutama dengan Simple HTML DOM Parser, setelah di telisik memang web yang pakai cloudflare (mungkin beberapa) gak bisa bikin DOM nya. Teman sih kasih saran tapi harus pake VPS. Opsi ini lain waktu ajah :3

Write a Comment

Comment