in Games

Monument Valley 2, Manjain Mata

Setelah beberapa tahun menunggu lanjutan dari game ini, akhirnya keluar juga yang kedua, Monument Valley.  Game puzzle yang bisa bikin otak mencair ini kembali dengan puzzle yang lebih menarik dan cerita baru tentunya.

Mekanisme cara bermainnya tidak ada yang berubah sih dari yang pertama hanya saja, disini gue juga bisa nikmatin ceritanya tanpa harus berpikir keras ketika gerak-gerakin bangunan. Oh iya, seri kedua ini dapat dimainkan tanpa harus main yang pertama karena ceritanya tidak ada hubungannya (hanya ada flashback sedikit).

Disini ada yang hilang terutama dari peran pembantu yang ada di monument valley 1 yaitu si burung gagak. Dan yang baru disini adalah cerita yang semi linear. Di dalam game, akan mengontrol 2 karakter yang berbeda, yaitu si ibu dan si anak. Di satu titik nanti akan terpisah story line nya. Ini yang menurut gue jadi nilai tambahnya karena kita akan dibawa ke petualangan yang berbeda dalam mencari jati diri (eh ?)

Pemanisnya, setiap akhir stage tertentu, kita akan disuruh gambar semacam tanda gitu. Jadi setiap stage memiliki ciri khas tanda masing-masing. Sayangnya gak bisa di ganti tandanya kalau udah ke save (kecuali reset game). Gue gak tau juga sih maksudnya, mungkin buat ngegambarin seberapa pusingnya gue selesein ini stage 😛

Menurut gue untuk yang MV2 ini, puzzlenya kurang menantang dalam segi kesusahan tapi segi keindahan, puzzle setiap stage memiliki estetika sendiri. Dikutip dari laman di App Store nya untuk visual / artwork:

Artwork inspired by an eclectic mixture of architectural styles, artistic movements and personal influences, each translated into stunning geometric structures.

Untuk lagunya, sangat disarankan untuk main pakai headset, biar bisa merasakan ambience nya.

Intinya, jangan main game ini kalau lagi mau tidur, lagi pusing, lagi di WC nanti otak mencair, repot lagi. Oh iya, gue juga ngumpulin Wallpaper dari hasil screenshot di dalam gamenya, bisa di cek di sini.

Download gamenya dimari: Monument Valley 2 by Ustwo on App Store

Write a Comment

Comment