in Campus Life

Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SMA Negeri 15 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SMA Negeri 15 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

 
5871

logobinus

Kelas                                       : LA03

Kode dan Nama Dosen        : D5690 – Alfensius Alwino, S.Fil; M.Hum

Waktu:                                    : 20 Oktober 2015

Pukul                                       : 13.00 – 16.00

Tim yang Hadir                     : Hadir Semua

Ketua                                      : Elmo Tanu Miharja

Anggota                                  :

  1. David Chua – 1701296454
  2. Kurnia Budiman Yusuf – 1701305105
  3. Yeremia Satria Sugiharto – 1701304550
  4. Arden Juergen Walewangko – 1701368226
  5. Timothy Geole – 1701349391
  6. Felicia Shantio – 1701316355
  7. Rinaldi Sadewo Guizot – 1701303730

Tim yang tidak hadir: 0 (Semua hadir)

707

Fotografer: Elmo Tanu Miharja
Dari Kiri ke kanan: Adren Juergen Walewangko, Kurnia Budiman Yusuf, Timothy Geole, Yeremia Satria Sugiharto, Rinaldi Sadewo Guizot, David Chua

Notes: Felicia Shantio tidak ada di foto ini dikarenakan ada keperluan mengajar di kampus pada saat ditengah sesi sehingga harus pergi terlebih dahulu.

Kegiatan pendataan realisasi KJP di SMA Negeri 15 Jakarta ini adalah kegiatan yang diterapkan dalam mata kuliah di Binus University, CB: Professional Development dalam rangka mahasiswa dapat menerapkan teori-teori yang diajarkan di kelas CB: Professional Development.

Teori yang diterapkan dalam realisasi ini yaitu:

  1. Menerapkan sikap etis dalam pengerjaan suatu tugas.
  2. Berpikir dan bertindak secara kritis dalam tugas dan dapat menyelesai kan masalah-masalah yang ada.
  3. Menunjukkan kepedulian bersama antar mahasiswa dan masyarakat.

Persiapan dilakukan satu minggu sebelum hari keberangkatan (27 November 2015) dengan melakukan koordinasi dengan para anggota tim, melakukan printing lembar data KJP siswa, KJP sekolah dan validasi data sekolah. Selain itu kami juga melakukan musyawarah mengenai kendaraan yang akan digunakan, mengingat jarak sekolah yang cukup jauh yaitu Jakarta Utara.

Metode yang diterapkan yaitu mentoring dengan membantu para siswa SMA mengisi formulir.

2 Minggu sebelum kedatangan kami ke sekolah, kami melakukan konfirmasi ke sekolah melalui telepon dan pihak sekolah sudah menyetujui kedatangan kami pada saat itu.

Pada hari tugas, kami disambut oleh petugas piket dan juga operator tata usaha, bapak Hasan Mualim dan dibantu juga oleh petugas lain dalam pendataan KJP dikarenakan data dari dinas berbeda satu tahun dengan data dari sekolah (sehingga kelas 11 sudah menjadi kelas 12)

Kami melakukan tugas didalam ruangan audio visual yang sudah disiapkan sekolah serta melakukan validasi KJP sekolah langsung dengan operator tata usaha.

Menurut survey eksternal bedasarkan formulir evaluasi yaitu tim kami sudah hadir tepat waktu sesuai waktu yang dijanjikan sebelumnya, berlaku ramah dan sopan, lengkap menggunakan attribute mahasiswa yaitu almamater dan flazz card Binus. Tim juga sudah menjalankan tugas dengan baik dan hadir di lapangann.

Survey internal kami yaitu seluruh tim sudah melakukan kegiatan dengan baik, dimulai dari dating dengan tepat waktu, ide-ide yang dituangkann dalam penerapan dilapangan, inisiatif tim terutama dalam menghandle pekerjaan dan sikap & cara berbicara baik ke wali kelas, tata usaha dan murid. Masing-masing anggota tim kami sudah menuaikan tugasnya dengan sangat baik.

Kami sudah mengisi laporan data KJP dan data siswa ke dalam google docs.

Tujuan dari pelaksanaan tugas CB ini yaitu agar kami para Binusian dapat menjadi professional dalam menjalankan tugas apapun serta bertindak secara etis dan kritis dalam menjalankannya.

Perbaikan yang akan kami lakukan untuk tugas-tugas selanjutnya yaitu untuk lebih kritis, percaya diri dan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi, baik selama masa koordinasi dalam tim maupun di lapangan.

Kesimpulan mengenai pendataan KJP dan 8355

Seluruh data KJP Siswa sudah diinput ke google docs dan sudah dilakukan pengecekan data nya. Kesimpulan yang dapat kami ambil untuk kegiatan KJP yaitu:

Mayoritas siswa menginginkan KJP lebih baik lagi dan juga KJP sudah tepat sasaran di sekolah SMA Negeri 15 Jakarta. Pihak sekolah juga cukup serius dalam menangani KJP untuk siswa kurang mampu dengan sosialisasi KJP, wali kelas yang kooperatif. Siswa juga menginginkan KJP dapat digunakan dananya sebagai biaya transportasi diluar transportasi yang terdaftar (busway).

Kesimpulan dari pelaksaan kegiatan KJP ini yaitu, kami mengetahui bagaimana KJP bekerja dan dibagikan di sekolah yang dimana KJP merupakan fasilitas Pemerintah DKI Jakarta untuk bidang pendidikan yang ditujukan kepada rakyat kurang mampu. Kami juga mengetahui apakah KJP sudah tepat sasaran / tidak dan melakukan pendataan secara benar, tepat dan efektif.

Kesimpulan dari validasi sekolah yaitu sebagian besar data sudah diupdate tetapi beberapa belum di validasi. Dan untuk kegiatan 8355, seluruh data murid ada di dinas dan di sekolah sehingga tidak ada perubahan.

Yang akan kami lakukan selanjutnya untuk pertemuan yang akan mendatang yaitu memperbaiki sikap dan tindakan kami agar pendataan lebih efektif dan tepat.

Jumlah Siswa: 30 Siswa (Kelas 12)

KJP Siswa:

12510660_10205766775475215_344617689_o

Total Responden (20% dari jumlah siswa): 30 Siswa
Kesimpulan akhir: Banyak siswa yang menginginkan setengah uang dari KJP agar bisa digunakan untuk transportasi selain busway.

KJP Sekolah:IMG_8521IMG_8522IMG_8523IMG_8524

Hasil Evaluasi:

IMG_8532IMG_8533

5871

5871

5871

5871

5871

5871

Write a Comment

Comment