in Campus Life, Teach For Indonesia

Pendataan dan Validasi Realisasi 8355 di SMA Negeri 15 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

Pendataan dan Validasi Realisasi 8355 di di SMA Negeri 15 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

 
5871

logobinus

Kelas                                       : LA03

Kode dan Nama Dosen        : D5690 – Alfensius Alwino, S.Fil; M.Hum

Waktu:                                    : 20 Oktober 2015

Pukul                                       : 13.00 – 16.00

Tim yang Hadir                     : Hadir Semua

Ketua                                      : Elmo Tanu Miharja

Anggota                                  :

  1. David Chua – 1701296454
  2. Kurnia Budiman Yusuf – 1701305105
  3. Yeremia Satria Sugiharto – 1701304550
  4. Arden Juergen Walewangko – 1701368226
  5. Timothy Geole – 1701349391
  6. Felicia Shantio – 1701316355
  7. Rinaldi Sadewo Guizot – 1701303730

Tim yang tidak hadir: 0 (Semua hadir)

707

Fotografer: Elmo Tanu Miharja
Dari Kiri ke kanan: Adren Juergen Walewangko, Kurnia Budiman Yusuf, Timothy Geole, Yeremia Satria Sugiharto, Rinaldi Sadewo Guizot, David Chua

Kegiatan pendataan realisasi KJP di SMA Negeri 15 Jakarta ini adalah kegiatan yang diterapkan dalam mata kuliah di Binus University, CB: Professional Development dalam rangka mahasiswa dapat menerapkan teori-teori yang diajarkan di kelas CB: Professional Development.

Teori yang diterapkan dalam realisasi ini yaitu:

  1. Menerapkan sikap etis dalam pengerjaan suatu tugas.
  2. Berpikir dan bertindak secara kritis dalam tugas dan dapat menyelesai kan masalah-masalah yang ada.
  3. Menunjukkan kepedulian bersama antar mahasiswa dan masyarakat.

Persiapan dilakukan satu minggu sebelum hari keberangkatan (20 Oktober 2015) dengan melakukan koordinasi dengan para anggota tim, melakukan printing lembar data KJP siswa, KJP sekolah dan validasi data sekolah. Lalu kami menyusun metode yang harus diterapkan dalam pemberian validasi data tersebut dikarenakan target kita adalah murid SD yang masih sulit memahami kata-kata dalam validasi.

Metode yang diterapkan yaitu melakukan wawancara langsung dengan pihak operator tata usaha.

2 Minggu sebelum kedatangan kami ke sekolah, kami melakukan konfirmasi ke sekolah melalui telepon dan pihak sekolah sudah menyetujui kedatangan kami pada saat itu.

Pada hari tugas, kami disambut oleh petugas piket dan juga operator tata usaha, bapak Hasan Mualim. Kami melakukan pengecekan 8355 dan data sudah terupdate. Sehingga kami tidak melakukan pengisian ke dalam google docs.

Validasi sekolah dilakukan di ruang TU bersama dengan pihak TU sehingga data diinnput langsung kedalam google docs.

Menurut survey eksternal bedasarkan formulir evaluasi yaitu tim kami sudah hadir tepat waktu sesuai waktu yang dijanjikan sebelumnya, berlaku ramah dan sopan, lengkap menggunakan attribute mahasiswa yaitu almamater dan flazz card Binus. Tim juga sudah menjalankan tugas dengan baik dan hadir di lapangann.

Survey internal kami yaitu seluruh tim sudah melakukan kegiatan dengan baik, dimulai dari dating dengan tepat waktu, ide-ide yang dituangkann dalam penerapan dilapangan, inisiatif tim terutama dalam menghandle pekerjaan dan sikap & cara berbicara baik ke wali kelas, tata usaha dan murid. Masing-masing anggota tim kami sudah menuaikan tugasnya dengan sangat baik.

Kesimpulan dari validasi sekolah yaitu sebagian besar data sudah diupdate tetapi beberapa belum di validasi. Dan untuk kegiatan 8355, seluruh data murid ada di dinas dan di sekolah sehingga tidak ada perubahan.

Tujuan dari pelaksanaan tugas CB ini yaitu agar kami para Binusian dapat menjadi professional dalam menjalankan tugas apapun serta bertindak secara etis dan kritis dalam menjalankannya.

Perbaikan yang akan kami lakukan untuk tugas-tugas selanjutnya yaitu untuk lebih kritis, percaya diri dan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi, baik selama masa koordinasi dalam tim maupun di lapangan.

Kesimpulan yang kami dapatkan dari pengumpulan data 8355 dan validasi pendidikan yaitu, sekolah sudah melakukan pembaharuan data dengan baik dan dari 30 sample siswa ynag kami ambil, semuanya terdaftar baik di sekolah maupun di dinas. Hasil validasi pendidikan juga sudah baik karena data langsung diambil dari website yang ditujukan dinas untuk sekolah, sehingga data sebagian besar sudah valid. Sementara untuk data siswa yang mengulang ujian nasional tidak ada dikarenakan seluruh siswa lulus atau dikatakan sekolah lulus 100%.

Hasil Validasi Pendidikan: data diinput langsung di tata usaha dengan mengakses google docs, sempat terjadi kesalahan karena penjelasan pada kertas kurang

Kesimpulan mengenai pendataan KJP dan 8355

Seluruh data KJP Siswa sudah diinput ke google docs dan sudah dilakukan pengecekan data nya. Kesimpulan yang dapat kami ambil untuk kegiatan KJP yaitu:

Mayoritas siswa menginginkan KJP lebih baik lagi dan juga KJP sudah tepat sasaran di sekolah SMA Negeri 15 Jakarta. Pihak sekolah juga cukup serius dalam menangani KJP untuk siswa kurang mampu dengan sosialisasi KJP, wali kelas yang kooperatif. Siswa juga menginginkan KJP dapat digunakan dananya sebagai biaya transportasi diluar transportasi yang terdaftar (busway).

Kesimpulan dari pelaksaan kegiatan KJP ini yaitu, kami mengetahui bagaimana KJP bekerja dan dibagikan di sekolah yang dimana KJP merupakan fasilitas Pemerintah DKI Jakarta untuk bidang pendidikan yang ditujukan kepada rakyat kurang mampu. Kami juga mengetahui apakah KJP sudah tepat sasaran / tidak dan melakukan pendataan secara benar, tepat dan efektif.

Kesimpulan dari validasi sekolah yaitu sebagian besar data sudah diupdate tetapi beberapa belum di validasi. Dan untuk kegiatan 8355, seluruh data murid ada di dinas dan di sekolah sehingga tidak ada perubahan.

Yang akan kami lakukan selanjutnya untuk pertemuan yang akan mendatang yaitu memperbaiki sikap dan tindakan kami agar pendataan lebih efektif dan tepat.

Jumlah Siswa: 30 Siswa (Kelas 12)

IMG_8525

Hasil Evaluasi:

IMG_8532IMG_8533

Write a Comment

Comment