in Campus Life

Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di Sekolah Dasar Negeri Penjaringan 12 Petang dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

Pendataan dan Validasi Realisasi 8355 di Sekolah Dasar Negeri Penjaringan 12 Petang dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

 
5871

logobinus

Kelas                                       : LA03

Kode dan Nama Dosen        : D5690 – Alfensius Alwino, S.Fil; M.Hum

Waktu:                                    : 20 Oktober 2015

Pukul                                       : 13.00 – 16.00

Tim yang Hadir                     : Hadir Semua

Ketua                                      : Elmo Tanu Miharja

Anggota                                  :

  1. David Chua – 1701296454
  2. Kurnia Budiman Yusuf – 1701305105
  3. Yeremia Satria Sugiharto – 1701304550
  4. Arden Juergen Walewangko – 1701368226
  5. Timothy Geole – 1701349391
  6. Felicia Shantio – 1701316355
  7. Rinaldi Sadewo Guizot – 1701303730

Tim yang tidak hadir: 0 (Semua hadir)

12358287_10205572346094602_616546027_n

Fotografer: Felicia Shantio
Dari Kiri ke kanan: Arden Juergen Walewangko, David Chua, Elmo Tanu Miharja, Kurnia Budiman Yusuf, Timothy Geole, Rinaldi Sadewo Guizot

Kegiatan pendataan realisasi KJP di SD Negeri Penjaringnan 12 Petang ini adalah kegiatan yang diterapkan dalam mata kuliah di Binus University, CB: Professional Development dalam rangka mahasiswa dapat menerapkan teori-teori yang diajarkan di kelas CB: Professional Development.

Teori yang diterapkan dalam realisasi ini yaitu:

  1. Menerapkan sikap etis dalam pengerjaan suatu tugas.
  2. Berpikir dan bertindak secara kritis dalam tugas dan dapat menyelesai kan masalah-masalah yang ada.
  3. Menunjukkan kepedulian bersama antar mahasiswa dan masyarakat.

Persiapan dilakukan satu minggu sebelum hari keberangkatan (20 Oktober 2015) dengan melakukan koordinasi dengan para anggota tim, melakukan printing lembar data KJP siswa, KJP sekolah dan validasi data sekolah. Lalu kami menyusun metode yang harus diterapkan dalam pemberian validasi data tersebut dikarenakan target kita adalah murid SD yang masih sulit memahami kata-kata dalam validasi.

Metode yang diterapkan yaitu melakukan wawancara langsung dengan pihak operator tata usaha.

Tanggal 14 Oktober, kami melakukan kunjungan ke sekolah untuk konfirmasi mengenai kedatangan kami ke sekolah, pada saat itu kami tidak bertemu dengan kepala sekolah tetapi PIC / Operator TU yaitu bapak Muhajir Asiori dan kami menentukan waktu kedatangan kami tanggal 20 oktober 2015.

Pada hari tugas, kami sampai disana jam 13.00 dan disambut oleh PIC / Operator TU yaitu bapak Muhajir Asiori dikarenakan kepala sekolah tidak ada di tempat pada hari itu dan langsung diarahkan ke lantai 3 sekolah untuk mengumpulkan para siswa. Pengumpulan para siswa juga dibantu oleh wali kelas yang sedang mengajar saat itu.

Informasi yang diberikan TFI pada saat sebelumnya adalah tidak ada datanya 8355 pada sekolah ini, sehingga kami tidak mengumpulkan data tersebut. Kami juga sudah menanyakan pada pihak sekolah mengenai 8355 tetapi sekolah juga tidak mendapatkan informasi mengenai 8355 dari dinas.

tidakdadata.png

Mengenai validasi sekolah, pihak sekolah tidak mengetahui informasi mengenai validasi ini. Data untuk validasi juga tidak lengkap (hanya beberapa) dan tidak tahu dimana data harus diisi (tidak ada website/form bentuk lain yang resmi dari dinas untuk sekolah) sehingga kami juga tidak bisa mengambil data tersebut.

Menurut survey eksternal bedasarkan formulir evaluasi yaitu tim kami sudah hadir tepat waktu sesuai waktu yang dijanjikan sebelumnya, berlaku ramah dan sopan, lengkap menggunakan attribute mahasiswa yaitu almamater dan flazz card Binus. Tim juga sudah menjalankan tugas dengan baik dan hadir di lapangann.

Survey internal kami yaitu seluruh tim sudah melakukan kegiatan dengan baik, dimulai dari dating dengan tepat waktu, ide-ide yang dituangkann dalam penerapan dilapangan, inisiatif tim terutama dalam menghandle pekerjaan dan sikap & cara berbicara baik ke wali kelas, tata usaha dan murid. Masing-masing anggota tim kami sudah menuaikan tugasnya dengan sangat baik.

Kami sudah mengisi laporan data KJP dan data siswa ke dalam google docs.

Tujuan dari pelaksanaan tugas CB ini yaitu agar kami para Binusian dapat menjadi professional dalam menjalankan tugas apapun serta bertindak secara etis dan kritis dalam menjalankannya.

Perbaikan yang akan kami lakukan untuk tugas-tugas selanjutnya yaitu untuk lebih kritis, percaya diri dan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi, baik selama masa koordinasi dalam tim maupun di lapangan.

Evaluasi:

SD_1SD_2

 

Write a Comment

Comment