in Campus Life, Teach For Indonesia

Day #4 at KOPAJA

5871
Hari Keempat, 26 April 2015
Hari keempat adalah pertemuan terakhir kami dalam mengajar di KOPAJA. Dikarenakan ini juga sebagai hari perpisahan, kami mengejar dengan lebih santai dan hanya fokus untuk memperkuat apa yang mereka pelajari kemarin.

Anak-anak disini lebih bebas juga karena tidak dipaksa materi tetapi mereka ingin materi apa yang mereka inginkan. Banyak yang ingin bahasa Inggris dengan alasan “biar bisa gaul”. Saya juga menyelipkan cerita-cerita sejarah dan pengetahuan umum. Ada cerita dengan seorang anak yang bertanya-tanya mengenai peta dunia, kehidupan diluar sana seperti apa. Saya sedikit kaget karena anak ini ingin tahu sekali apa sih yang ada diluar sana. Mereka seperti terisolasi, hanya tau dari cerita-cerita orang saja.

Di akhir sesi, kami membagikan hadiah kecil seperti permen dan coklat buat anak-anak untuk menambah semangat mereka dan memberikan informasi untuk selalu taat dan mau mendengarkan pengajar.
IMG_5790 IMG_5793 IMG_8920 IMG_8928 IMG_8932 IMG_8938 IMG_8958 IMG_8959
Yak, begitulah kondisi di KOPAJA.

Walau gue pernah mengajarkan anak waktu itu, kondisi tidak sama dan pasti berubah bahkan di KOPAJA sendiri bisa dibilang unik. Tidak sekolah, terisolasi, keras, dan rata-rata mereka kasar. Tapi mereka semua punya keinginan yaitu untuk menjadi orang yang pintar, pengetahuan luas dan juga mau orang yang terus belajar. Ditengah kondisi seperti ini, kami dan KOPAJA hanya bisa membantu mungkin bukan bantuan material tetapi bantuan yang akan terus mereka simpan dan mereka akan pakai kedepannya sebagai bekal.

That’s all about my story on visiting KOPAJA. Kalian yang ingin info lebih lanjut dan pengen tau aktifitas KOPAJA, silahkan mampir ke blognya KOPAJA disini. Kalian akan mendapatkan pengalaman, mungkin pengalaman pertama tapi kalian akan menjadi lebih kaya akan pengetahuan dan mengerti kondisi disekitar kalian, apa yang sedang terjadi saat ini.

Write a Comment

Comment