in Games

Bukan Gamenya yang Kacau tapi Systemnya

aoe

 

Yellow mellow marshamallow (?). Jadi beberapa hari yang lalu gue membeli ini game yang 4 pack karena jatuhnya lebih murah. 1 buat doi, 1 buat gue, 2 nya buat temen gue.

Seperti dahulu kala, Age of Empires itu game RTS yang lumayan cukup terkenal cuman karena dulu gue main pun gak ada internet cuman modal local doang dan juga LAN pun nggak tau. Pada akhirnya seneng banget muncul di steam dengan gue tujuan beli untuk multiplayer serta embel-embel HD Edition which make you think this is a remake game with better performance and stabilization.

Ternyata, it’s gone.. gak sesuai dengan apa yang ada dengan yang gue pikirkan. It’s terrible game. Bukan gameplaynya tapi systemnya. Main bertiga bisa muncul crash dan not responding which this is on client side, terutama engine nya yang jadul. Populasi 500 tersebut entah dipikirkan matang-matang sama pihak developer atau enggak.

Yang membuat lebih buruk lagi yaitu sistem lobby nya. Yak, gue pertama menduga ini game lobbynya semacam Dota 2, mencari server terdekat lalu join and play deh. Ternyata menggunakan Peer 2 Peer dimana gue juga harus mikirin forwarding ports dan segala macemnya, yak gue harus bongkar2 modem lagi deh (bukan bongkar hardware) dan sampai sekarang port yang dikasih tau si setim ini pun belum tau.

https://support.steampowered.com/kb_article.php?ref=8571-GLVN-8711

Peer 2 Peer itu mengakibatkan, ketika kita battle melawan 1 bot komputer, itu ping kita ke temen akan meningkat. Gue gak tau mekanismenya gimana tapi yang pasti bot itu ada di somewhere dihost di masing-masing player, jadi semacam beban tambahan buat 2 pihak player kalau ada bot (mungkin begitu) dimana ini menjadi lag besar terutama ping yang tiba-tiba spike bisa sampai 3000an.

Gue mengharapkan di update kedepannya systemnya ini bisa jadi lebih bagus atau dibuat system dimana user ngehost sendiri jadi temen langsung konek ke tempat kita macam local lobby Dota 2

 

Write a Comment

Comment