in Pilihanku Pilihanmu

Pilih: Active-Reactive atau Passive-Reactive

pilihAkhirnya ada gambar sebagai ilustrasi juga, gue sih milih yang kanan dari pada yang kiri. Yah kurang lebih seperti itu lah pilihan.

Ngomongin pilihan, gue kali ini mau ngoceh tentang Active-Reactive atau Passive Reactive. Sesuai judulnya aja sih pasti udah tau ini maksudnya kemana. Ya, biasanya digunakan pada saat menanggapi/memberi tanggapan atau sejenisnya (presentasi atau yang lain).

Sekilas aja deh, Active-Reactive itu seperti di pelajaran Kimia, dia bisa melakukan reaksinya sendiri, dan apabila di kasih sentuhan senyawa lain maka dia juga akan reaktif. Artinya, kita bisa ikut nimbrung memberi masukan kek, kasih saran kek, terserah deh, intinya aktif. Sedangkan reaktif sendiri, kita juga membalas apabila menerima suatu respond dari lawan bicara kita. Membalasnya bukan pake “Fist” yah 😛

Passive-Reactive, ya bedanya di passivenya saja, Di mana kasarnya “Kita nungguin yang lain baru gue ikutan”. Nah sekarang pilih deh lu mau yang mana? Masalah nya biasa di persekolahan sih, di mana passive-reactive itu senengnya main belakang, nunggu yang aktif maju duluan (kan kasihan).

Gue personally memilih Active-Reactive sih. But masing-masing ada konsekuensinya sih, terutama yang passive-reactive. Kalau passive-reactive kesannya itu udah nungguin, tapi pas one on one itu gak berani, ujung-ujungnya nyari kesalahan orang kalau menurut gue lho.

Active-Reactive juga kadang saking Activenya itu seneng banget nyari kesalahan orang, atau kesannya “gue harus nyudutin lu” dan setiap agrumen yang di keluarkan itu dengan sangat reaktif sekali di tendang. Nah ini yang gak boleh nih.

Ada waktunya untuk menjadi Active dan juga Passive. Active seperlunya saja dengan memberikan penjelasan-penjelasan yang masuk akal dan bisa di terima. Terlalu passive juga gak bagus sih karena kesannya lu kayak gak ada minat. 

Aplikasinya dimana sih beginian? Umumnya sih pas presentasi tapi biasanya pas lagi nguping gosipin orangn ih, passive-passive diem diem unyu-unyu gitu di belakang tapi pas denger yang gak enak langsung reaktif kayak bom meledak. 

Ada juga udah aktif banget, reaktif banget jadinya ya gitu, dan nyeseknya udah aktif, reaktif, salah lagi agrumennya alias gak nyambung.

Berat ye topiknya, sama berat nih gue mikirnya. Tinggal pilih deh, yang menurut lo baik.

Write a Comment

Comment