in Games, RF

RF Guide 101: Konfigurasi Server

Resources0001

Sumber Gambar: Pribadi – RF Celestial-Inferno

Sekarang ini private server banyak yang setting nya gak jelas atau malah banyak item-item donasi juga yang bikin imbalance antara non-donate player dan donate player. Gue masih inget banget pertama kali RF Celestial-Inferno dimana levelnya maks 66 dan juga RF Olympic Maks Level maish 55 waktu itu (sekarang udah 65 kalau tidak salah). Terlalu banyak sistem dari original yang di utak atik mengakibatkan “semua serba mudah”. Konfigurasi server berlaku pada private server.

Waktu di RF Celestial-Inferno, masih ada quest buka level (50 dan 56) jadi kalau mau naik ke level 51 harus bareng-bareng sama temen 1 party dan juga dibantu sama player yang lebih kuat. Setelah dihilangkan, kesannya emang jadi gampang dan cepet (gak ngabisin waktu disitu-situ aja) tapi akhirnya yah ada yang kurang lah berasa.

Pertama, tipe server. PVP atau RPG. Server PVP lebih nunjukin kemudahan leveling dan kegilaan set itemnya. Karena dasarnya server ini di design buat Player vs Player atau Race vs Race lah karena mass war. Item donasinya juga gak tanggung-tanggung dan kemudahan in gamenya juga tinggi. Contoh donasi +6, in game +5 itu adalah hal yang sedang-sedang gampang.

Server RPG di design seperti server official, semuanya hampir normal, paling dinaikan dikit seperti harga item, kemudahan in gamenya juga menantang tetapi yang dimudahkan dalam hal mendapatkan itemnya. Kasus leveling, leveling skill, naikin point stat item juga seperti normal (butuh perjuangan).

Kedua, Rates server yang gak ngebosenin. Biasanya yang dibikin maksimum adalah skill dan force langsung GM. EXP Player yang paling tokcer adalah 170-250x dan item drop rate 10-20x dan selling ratenya (tergantung arah server, PVP atau RPG) yaitu 10x-100x.

Ketiga, NPC di markas. Gue karena cuman sekali main RPG jadi sangat dimaklumin kalau ini lebih ke PVP. NPC-NPC nya lebih menampilkan item-item yang banyak (terutama senjata, potion, etc) Ada juga yang tipe server nya memberikan item murah tetapi ditempa nya susah banget dan sebaliknya.

Keempat, Map. Gue main sampai server versi 2.2.4 jadi mapnya juga udah banyak terutama setelah Elven Land. Gue juga lupa namanya yang past disebutnya Outcast Land 2 dan Time Stopped (setelah Outcast Land 2). Dan itu masih ada lagi, map-map keren yang belum terjamah dan juga monster-monsternya. Selain map juga penempatan monsternya setelah level 80 karena 2.2.4 di luar sana kalau tidak salah maks level 80 dan itu hunt monsternya udah macem-macem.

Kelima, Customize Server. Terlalu bnayak customize juga mengakibatkan server imbalance. Terlebih lagi banyak item-item yang sebenarnya biasa saja di spesialkan. Selain itu juga suka ditambahkan monster yang ngedrop benda-benda aneh (yes it is). Lagi kembali ke tipe servernya, RPG / PVP.

Terakhir, Susunan GM. Berhubung exploitnya hampir banyak yang gak ketutup dan emang haduh susah banget apalagi buat server versi-versi tua. GM kan tukang beri event, harus aktif sih dan emang bertolak belakang sama real-life. Menurut gue sih GM ngikutin aja kayak susunan dewan.

1. Owner

2. GM

3. Vice GM

4. Tukang Berantas Cheat (patroli) (3 orang cukup sih)

5. Support GM

Ahh gue rada susah karena gak jadi GM atau kawan-kawannya jadi mekanisme nya kurang tau juga. Tetapi sepengalaman yang paling di butuhkan support GM dan tukang berantas cheat.

Ah ya sudahlah begitu menurut gue 😀

 

 

Write a Comment

Comment