in Games, RF

RF Guide 101: Ideal War

rfol1

Siapa yang gak pengen sih warnya itu jelas, gak monoton, punya arah, kalah tapi gak ngebetein, menang tapi bangga (bukan hasil “nih buat elo”). Bisa aja sih war yang asik tapi sebenarnya ada beberapa hal yang menghambat ini war jadi gak asik lagi.

Coba baca ini deh: Things you need to know about Rising Force Online ada istilah-istilah politik di game ini. Biasanya terjadi di private server karena official server masih money-controlled. Tau lah maksudnya apa.

Gue mengambil kasus di RF Olympic yang, yes it’s the best RF Private Server i ever played. Gak tau sekarang masih ramai apa sepi tapi gue rasa ramai karena orang lebih suka yang lama dari pada yang baru. Yang elo liat screenshot di atas adalah waktu war RF Olympic dimana You can tell lah, secara mass itu balance (lagi pada respawn sih) tetapi disini yang gue inget sistem netral di awal (jarang banget perang 3 bangsa). Cora sama Accretia masih adem ayem aja di menit-menit awal sampai ketemu titik panasnya nanti. Kadang suka ada rebel yang di awal udah bikin panas anak orang.

Ideal war menurut gue, menggunakan metode netral seperti itu, bukan perang 3 bangsa. Selain itu kekompakan dan komunikasi dewan ke anak-anak juga harus sangat bagus (no spam dan lainnya). Dan terakhir adalah job-job nya. Kadang yang bikin perang itu berantakan, overpowered 1 bangsa dengan 1 job yang dominan dan ini terjadi di private server. Accretia hampir rata-rata striker, bellato rata-rata pake MAU dan cora rata-rata grazier (tukang summon animus) dimana jadinya masing-masing nonjolin attack sehingga perang nya membutuhkan ally sementara.

Janjian gak sih itu nyerangnya? Rata-rata Ya! Tapi ada beberapa war yang karena overpowered jadi mengguncang 3 chip. Contohnya chip si A lagi di serang si B, entah di tengah perjalanan si B nyerang si C dan ada beberapa yang nyerang si A. Biasanya ini terjadi pas bangsa lagi overpowered. Kadang menimbulkan presepsi kalau ada kerja sama antara si C dan si B, istilahnya ngasih makan ke si C.

Menurut gue pribadi, war yang asik itu adalah war yang rebelious. Benar-benar rusuh tetapi stick to the line. Istilah saling culik dan juga ini balik lagi ke job-job bangsa. Waktu itu karena gue main di RF Babel menjadi trapper (ganti job dari striker) dan memang trapper sepi BANGET jadilah trapper berjaya dalam war. War yang asik itu warganya bisa di kordinir dan nurut. Rebeliousnya masih terkontrol dan bukan berarti mengacaukan strategi.

Yang membuat war kacau itu kalau archonnya plin-plan, telat command, anak buah kagak keurus dan buruknya lagi, dewan-dewan lagi pada offline. Hancurnya lagi kalau pada saat war, benar-benar gak ada strategi apalagi tukang scanner salah kasih info jadinya gagal ambush deh.

Terakhir, Ideal war akan sangat susah terjadi di Official Server terutama Indonesia. Private server masih bisa lebih terkontrol. Ini opini gue karena private server yang gue mainin.

Write a Comment

Comment