in Kata si Elmo

Application Bajakan?

20111226-111108.jpg

Aduh, sebenarnya gue juga bingung kalo membahas bajak membajak. Kenapa? Gue juga pake bajakan. Kalo dipikir kan begini: Loe bisa beli barang mahal tapi lo isi dengan bajakan. Ok ok we know that. Walau di teriakin suru pake produk original tapi tetep aja kita pake bajakan.

Salah siapa kalau begini? Salah kita? TIDAK!! We are consumer! Yang salah, kenapa ada pembajak, kenapa bisa terbajak, kenapa bisa di download gratis?

1. Kenapa ada pembajak? Gue kagak tau. Yang bajak bukan gue.
2. Kenapa bisa terbajak? Gue kagak tau. Sistemnya kenapa bisa terbajak
3. Kenapa bisa di download gratis? Salah pembajak, kenapa dia upload?

Sekaran gini, kalo mosalkan org awam bgt, dia gk tau itu bajakan atau original, pasti dia download. Bisa aja dia pikir original. Atau kadang2 bajakan dibilang asli hayoo siapa dijebak dan siapa terjebak.

Khusus lagu atau film mungkin bisa dilihat dari kualitas. Khusus app, gue nemu 1 app bajakan yang gak bisa jalan di jailbroken device padahal appnya sudah di bajak. NAH!! Itu baru mencegah pembajakan. Gak bisa dari kita juga (kalo kita tau itu bajakan pasti kita ngomongnya juga gak tau kalo itu bajakan). Ayo developer buat anti bajaknya baru bener sama tangkap yang membajak, jangan orang yang lagi download ditangkep. Dia kan gak tau itu bajakan apa kaga….

Write a Comment

Comment